by Zulfi Akmal

***

Dikisahkan bahwa Kultsum bin al Aghar yang terkenal dengan kecerdikan dan kepintaran...


Dia adalah seorang panglima tentara Khalifah Abdul Malik bin Marwan. Dia sangat dibenci oleh Hajjaj bin Yusuf yang sangat kejam. Lalu ia membuat makar supaya Abdul Malik bin Marwan menjatuhkan hukuman mati terhadap Kultsum dengan cara dipenggal batang lehernya.

Ibu Kultsum berusaha menemui Abdul Malik memohon amnesti untuk anaknya. Diharapkan ia menaruh rasa simpati kepadanya karena ia sudah berumur lebih dari satu abad.

Abdul Malik memberikan jawaban: Saya akan menyuruh Hajjaj untuk menulis di atas dua kertas; yang pertama "dibunuh" dan di kertas kedua "tidak dibunuh". Selanjutnya kita suruh anakmu memilih salah satu kertas sebelum hukuman dilaksanakan. Andaikan ia betul teraniaya, Allah pasti akan membebaskannya.

Perempuan tua itu keluar dari istana Abdul Malik dalam keadaan sedih. Dia yakin bahwa Hajjaj sangat membenci anaknya. Sudah bisa dipastikan kalau Hajjaj akan menulis "bunuh" di kedua kertas.

Kultsum berkata kepada ibunya: Jangan cemas ibu, serahkan urusannya kepadaku.

Ternyata betul-betul seperti itu. Hajjaj menulis kalimat "bunuh" di kedua-dua kertas.

Orang banyak berkumpul di hari yang sudah ditentukan. Mereka ingin melihat apa yang akan dilakukan oleh Kultsum.

Tatkala Kultsum datang di tempat eksekusi, Hajjaj berkata kepadanya sambil memperlihatkan seringai kejinya: Pilihlah salah satu!

Kultsum tersenyum.

Dia mengambil salah satu kertas sambil berkata: Aku pilih ini.

Setelah mengambilnya ia langsung menelan kertas itu tanpa membacanya.

Hakim jadi kaget dan berkata: Apa yang kamu lakukan wahai Kultsum? Kamu makan kertas itu tanpa memberi tahu kepada kami apa yang tertulis di dalam.

Kultsum: Wahai tuan, aku telah memilih kertas dan memakannya tanpa mengetahui dulu tentang apa yang tertulis di dalamnya. Lihatlah kertas kedua, yang tertulis di dalamnya pasti kebalikan yang aku makan.

Hakim melihat kertas yang satunya lagi, dan ternyata yang tertulis di sana adalah kata-kata "bunuh". Seluruh orang bergemuruh dan meneriakkan: Kultsum sudah memilih "Jangan dibunuh"!!!

***

Sedikit berpikir kita bisa membuat sesuatu yang besar...

Bila Anda ingin melakukan sesuatu yang besar, mestilah "berpikir" terlebih dahulu. Salah pikir bisa membahayakan jiwa. Apalagi salah pikir dalam masalah agama, bisa terjun bebas........

...ke Jahannam!


sumber : http://www.pkspiyungan.org/2013/12/melawan-kelicikan-dengan-kecerdikan.html