Banyak yang sedang galau menanti hasil akhir Pengumuman CPNS Kemdikbud 2013, termasuk juga anda. Proses rekrutmen CPNS 2013 kali ini memnga memang menyisakan banyak cerita kelam dan prasangka-prasangka negatif, khususnya pada CPNS Kemdikbud. Hal ini karena terjadi pengunduran berkali-kali mengenai pengumuman hasil akhirnya ditambah lagi kurang informatif humas lembaga tersebut. Berikut saya posting salah satu cerita dari kompasiana, barangkali mewakili perasaan anda juga...

Senin, 16 September 2013
Kalau saya ingat lagi, tanggal itu memberikan angin segar bagi saya, Pendaftaran CPNS Kemdikbud 2013 dibuka. Saya pun segera mengecek pengumuman dan formasinya. Namun saya harus kecewa karena tidak ada formasi yang cocok dengan kualfikasi pendidikan saya.

Jumat, 4 Oktober 2013
Secercah harapan muncul. Sore hari saya iseng-iseng buka cpns.kemdikbud.go.id dan menemukan informasi mengenai formasi tambahan. Ya, kemdikbud membuka 1.000 formasi tambahan. Walaupun sempat bertanya-tanya mengapa bisa tiba-tiba muncul formasi tambahan sebanyak itu pada hari-hari menjelang penutupan pendaftaran, saya berusaha optimis saja. Saya pun mendapati ada formasi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan saya. Alhamdulillah! berarti ada kesempatan buat saya.
Pendaftaran secara online juga tidak mudah, mungkin karena saking banyaknya yang juga ingin mendaftar seperti saya.Susah sekali bagi saya untuk bisa masuk ke laman pendaftaran. Beberapa kali saya harus mengulang karena sampai di tengah-tengah server down. Proses ini sempat menguras emosi saya. Saya pun menunggu sampai hari Minggu dini hari agar bisa mendaftar online dengan lancar.

Minggu, 6 Oktober 2013
Setelah berhasil mendaftar online, saya pun mencetak bukti pendaftaran dan melengkapi semua berkas yang diperlukan. Saya berniat mengirimkan berkas lamaran hari itu juga. Saya mengira Kantor Pos Besar Malang tetap buka meskipun hari Minggu, namun ternyata saya salah.

Senin, 7 Oktober 2013
Hari terakhir pendaftaran dan pengiriman berkas. Hari itu saya punya jadwal mengajar yang padat. Intinya, saya harus mengirim berkasnya pagi sebelum mengajar. Untungnya, Kantor Pos Besar Malang sudah buka sebelum jam 7 pagi. Tapi untuk jaga-jaga, saya sms mahasiswa dan memberitahukan bahwa kemungkinan saya akan agak telat masuk kelas.

Rabu, 16 Oktober 2013
Saya harap-harap cemas. Harusnya hari itu adalah pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi. Sampai sore hari saya berulang kali mengecek laman cpns.kemdikbud.go.id namun belum ada hasilnya. Ah, saya mulai pasrah. Dan saya pun harus kecewa karena akhirnya ada pengumuman yang menyatakan bahwa pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi ditunda sampai 18 Oktober 2013.

Jumat, 18 Oktober 2013
Penguman peserta yang lolos seleksi administrasi akhirnya keluar juga. Saya pun bersyukur karena lolos pada tahap ini. Saya juga harus bersiap-siap untuk mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar) pada Minggu, 3 November 2013.

Minggu, 3 Nopember 2013
Saya pun mengikuti TKD dan bertemu dengan 3 orang pesaing saya. Dan saya mengenal mereka semua. yang satu temankuliah  saya dari S1 sampai S2, satu lagi teman saya kuliah S2, dan yang terakhir adik kelas saya pas S1 dan S2. Oh ternyata…..Hahahaha….

Awal Desember 2013
Menurut jadwal yang ada di laman cpns.kemdikbud.go.id, seharusnya penguman peserta yang lolos TKD diumumkan minggu pertama bulan Desember 2013, pelaksanaan TKB ditentukan oleh unit kerja masing-masing dan pengumuman final kelulusan CPNS akan dilakukan pada minggu ketiga. Namun hingga minggu pertama lewat belum juga ada pengumuman. Baiklah, berarti saya harus bersabar sambil harap-harap cemas.

Senin, 16 Desember 2013
Akhirnya pengumuman yang dinanti keluar juga. Alhamdulillah saya lolos TKD dan melaju ke TKB. Pesaing saya tinggal 2 orang saja. Ah, peluang saya berarti semakin besar. Optimis…optimis..

Selasa, 17 Desember 2013
Unit kerja yang saya lamar mengeluarkan pengumuman pelaksanaan TKB lengkap dengan jadwalnya. Rencananya TKB akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni 23 dan 24 Desember 2013. TKB ini meliputi Tes Tulis Bidang Studi, Tes Wawancara Bahasa Inggris, Tes Praktik Mengajar, dan Tes Wawancara Bidang Studi.

Senin, 24 Desember 2013
Hari pertama pelaksanaan TKB. Ternyata untuk formasi yang saya lamar, hanya 2 dari 3 peserta lolos TKD yang datang. Berarti pesaing saya tinggal 1 orang. TKB hari pertama ini meliputi tes tulis bidang studi dan tes wawancara bahasa Inggris. Saya masih ingat harus mengerjakan 70 soal pilihan ganda dan 5 soal esai selama 2 jam. Setelah itu istirahat, mengambil bahan untuk persiapan tes praktik mengajar sambil menyerahkan CV kepada ketua jurusan yang saya lamar.
Siangnya, saya harus mengikuti tes wawancara Bahasa Inggris bersama dosen-dosen jurusan Bahasa Inggri dari unit kerja yang saya lamar. Alamak! Saya gugup bukan main. Tangan saya dingin sepeti es. Saya tidak terlalu percaya diri dengan kemampuan Bahasa Inggris saya, apalagi saat itu materi yang diberikan pada saya adalah biotechnology! padahal kualifikasi pendidikan saya adalah Pendidikan Sejarah. Hahahahaha….
Malam harinya, saya membuat persiapan RPP, materi dan media untuk praktik mengajar. Suami saya cuma geleng-geleng kepala liat saya. Lalu ia berkomentar, “Bun, kamu kan sudah biasa bikin beginian, sudah biasa ngajar, biasa aja lah, gak usah heboh begini”. Tapi bagaimanapun juga bagi saya ini lain. Ini tes CPNS.

Selasa, 24 Desember 2013
Jam masih menunjukkan pukul 06.30 saat saya sampai di kampus. Saya tidak ingin terlambat. Tes Praktik mengajar dimulai pukul 07.00. Saya masuk kelas yang berisi 20 mahasiswa dan 3 orang tim penilai. Saya merasa kurang pusa dengan praktik mengajar ini, karena waktunya sebenarnya hanya 50 menit dan saya mengajarnya molor sampai 65 menit!
Setelah tes praktik mengajar, saya pun mengikuti tes wawancara. Sungguh, bagi saya tes mengajar masih lebih mudah daripada tes wawancara!
Setelah tes berakhir saya pun pulang dan menikmati libur Natal.

Akhir Desember 2013
Saya mendapat berita bahwa sepupu saya diterima sebagai guru SD di Pemkab Sidoarjo. Ah, kegalauan saya pun dimulai. Mengapa demikian? Karena tiap ketemu orag tua atau saudara pasti ditanya, “Sudah pengumuman? Kamu keterima gak? Si Toni lho sudah keterima”.

Januari 2014
Tahun berganti dan masih belum ada pengumuman juga. Makin nyesek lagi rasanya saat sepupu saya menggelar acara tasyakuran karena diterima sebagai CPNS. Seperti biasa, pada acara seperti ini keluarga besar berkumpul dan pertanyaan menyesakkan pun datang bertubi-tubi “Sudah pengumuman? Kamu keterima gak?”

Februari 2014
Januari berlalu hingga beralih ke Februari. Sempat beredar rumor bahwa Kemdikbud akan mengumumkan hasil tes CPNS 2013 pada tanggal 5 Februari 2014. Walaupun hanya rumor, tapi ingin rasanya untuk percaya.

Rabu, 5 Februari 2014
Saya semakin rajin mengunjungi laman cpns.kemdikbud.go.id. Namun sayangnya belum ada pengumuman juga. Bahkan saya mendapatkan informasi dari jpnn.com bahwa pengumuman honorer K2 juga ditunda.

Jumat, 7 Februari 2014
Well, di sinilah saya. Sampai saat ini masih menunggu kejelasan pengumuman dari Kemdikbud. Saya yakin ada ribuan atau bahkan puluhan ribu orang lainnya yang sama seperti saya. Menanti hasil akhir dari Kemdikbud. Semoga segera diumumkan hasilnya!

Malang, 7 Februari 2014
Indah W.P. Utami

Sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2014/02/07/menanti-kejelasan-pengumuman-cpns-kemdikbud-2013-633331.html

Bagi anda yang ingin mempersiapkan diri CPNS 2014 silahkan dapatkan soal CPNS 2014 disini atau disni